Panduan Lengkap: Kode Pos Temanggung dan Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui


Panduan Lengkap: Kode Pos Temanggung dan Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui

Kode pos Temanggung adalah 56211 hingga 56291. Kabupaten Temanggung terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 870,06 km dan berpenduduk sekitar 780.000 jiwa.

Kabupaten Temanggung berbatasan dengan Kabupaten Semarang di sebelah utara, Kabupaten Magelang di sebelah timur, Kabupaten Wonosobo di sebelah selatan, dan Kabupaten Kendal di sebelah barat.

Kabupaten Temanggung memiliki topografi yang beragam, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan. Wilayah utara dan barat Kabupaten Temanggung merupakan dataran rendah, sedangkan wilayah selatan dan timur merupakan pegunungan.

Gunung tertinggi di Kabupaten Temanggung adalah Gunung Sindoro dengan ketinggian 3.150 mdpl. Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Tengah.

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa sungai besar, antara lain Sungai Progo, Sungai Elo, dan Sungai Tuntang. Sungai-sungai tersebut dimanfaatkan sebagai sumber air untuk pertanian, perikanan, dan pembangkit listrik.

Kabupaten Temanggung memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan berlangsung dari bulan Oktober hingga April, sedangkan musim kemarau berlangsung dari bulan Mei hingga September.

Kabupaten Temanggung memiliki potensi wisata yang beragam, antara lain wisata alam, wisata budaya, dan wisata religi. Beberapa objek wisata alam yang terkenal di Kabupaten Temanggung antara lain Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Air Terjun Sigrowong.

Beberapa objek wisata budaya yang terkenal di Kabupaten Temanggung antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko. Beberapa objek wisata religi yang terkenal di Kabupaten Temanggung antara lain Masjid Agung Temanggung, Gereja Santo Antonius Padua, dan Pura Giri Kusuma.

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa hasil pertanian unggulan, antara lain tembakau, kopi, dan sayuran. Kabupaten Temanggung juga merupakan salah satu sentra produksi gula di Jawa Tengah.

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa industri kecil dan menengah (IKM), antara lain industri makanan, minuman, dan tekstil. Kabupaten Temanggung juga merupakan salah satu sentra produksi keramik di Jawa Tengah.

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa lembaga pendidikan tinggi, antara lain Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa rumah sakit umum, antara lain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Temanggung, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung, dan Rumah Sakit Islam (RSI) Temanggung.

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa pusat perbelanjaan, antara lain Pasar Kliwon Temanggung, Pasar Pon Temanggung, dan Pasar Wage Temanggung.

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa hotel dan penginapan, antara lain Hotel Arumdalu, Hotel Grand Dafam Temanggung, dan Hotel Dafam Fortuna Temanggung.

Kabupaten Temanggung memiliki beberapa stasiun kereta api, antara lain Stasiun Temanggung, Stasiun Parakan, dan Stasiun Jumo.

Related Posts

kode pos gantarang

Panduan Lengkap Kode Pos Gantarang: Temukan Lokasi dengan Mudah

Kode pos Gantarang, 92121, meliputi wilayah Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Gantarang terletak di bagian barat Kabupaten Bulukumba, berbatasan dengan Kabupaten Sinjai di sebelah…

kode pos solo baru

Panduan Lengkap Kode Pos Solo Baru: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!

Solo Baru: Kota Mandiri dengan Kode Pos 57181 Solo Baru adalah sebuah kota mandiri yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kota ini dikembangkan oleh…

kode pos pondok cabe udik

Panduan Lengkap Kode Pos Pondok Cabe Udik dan Sekitarnya

Kode pos Pondok Cabe Udik adalah 16424. Wilayah ini terletak di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pondok Cabe Udik berbatasan dengan Pondok Cabe Timur di sebelah…

kode pos labuhan haji

Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Labuhan Haji dan Segala Urusan Surat-menyurat

Kode pos Labuhan Haji adalah 32155. Kecamatan Labuhan Haji merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 148,60…

kode pos arjosari

Panduan Lengkap: Kode Pos Arjosari dan Sekitarnya

Kode pos Arjosari adalah 60284. Kelurahan Arjosari terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Luas wilayah Kelurahan Arjosari adalah 2,06 km dengan jumlah penduduk sebanyak 23.472…

kode pos medan timur pulo brayan bengkel

Pelajari Kode Pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel dan Temukan Berbagai Informasi Penting

Kode pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel, 20249, terletak di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini berada di Kecamatan Medan Timur dan merupakan salah satu kawasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *