Panduan Lengkap Kode Pos Ambal Kebumen: Temukan Lokasi Tepat Anda!


Panduan Lengkap Kode Pos Ambal Kebumen: Temukan Lokasi Tepat Anda!

Kode pos Ambal Kebumen adalah 54361. Wilayah ini terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Ambal merupakan salah satu kecamatan di Kebumen yang memiliki luas wilayah sekitar 125,40 km persegi dan berpenduduk sekitar 57.000 jiwa.

Kecamatan Ambal terletak di bagian selatan Kabupaten Kebumen, berbatasan dengan Kecamatan Mirit di sebelah utara, Kecamatan Kebumen di sebelah timur, Kecamatan Karanggayam di sebelah selatan, dan Kecamatan Puring di sebelah barat.

Wilayah Kecamatan Ambal sebagian besar berupa dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 100 meter di atas permukaan laut. Namun, di bagian selatan terdapat beberapa perbukitan dengan ketinggian hingga 300 meter di atas permukaan laut.

Kecamatan Ambal memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Sektor pertanian merupakan sektor utama perekonomian wilayah ini. Hasil pertanian utama Kecamatan Ambal antara lain padi, jagung, kedelai, dan kacang tanah.

Selain sektor pertanian, sektor industri juga cukup berkembang di Kecamatan Ambal. Beberapa industri yang ada di wilayah ini antara lain industri makanan, minuman, tekstil, dan furnitur.

Kecamatan Ambal juga memiliki potensi wisata yang cukup menarik. Beberapa objek wisata yang ada di wilayah ini antara lain Pantai Menganti, Pantai Watu Bale, dan Goa Jatijajar.

Pantai Menganti merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Kebumen. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Pantai Menganti juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti tempat parkir, warung makan, dan penginapan.

Pantai Watu Bale terletak di sebelah barat Pantai Menganti. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan adanya bebatuan karang yang menjorok ke laut. Pantai Watu Bale juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset.

Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ambal. Goa ini memiliki panjang sekitar 1 kilometer dan di dalamnya terdapat berbagai macam stalaktit dan stalakmit. Goa Jatijajar juga menjadi tempat yang tepat untuk berpetualang dan menyusuri lorong-lorong goa.

Selain objek wisata tersebut, Kecamatan Ambal juga memiliki beberapa kesenian dan kebudayaan tradisional yang cukup menarik. Beberapa kesenian dan kebudayaan tradisional yang ada di wilayah ini antara lain tari topeng, tari lengger, dan wayang kulit.

Kecamatan Ambal juga memiliki beberapa kuliner khas yang cukup lezat. Beberapa kuliner khas Kecamatan Ambal antara lain sate Ambal, nasi penggel, dan jenang gempol.

Sate Ambal merupakan salah satu kuliner khas Kebumen yang cukup populer. Sate Ambal terbuat dari daging kambing atau sapi yang dipanggang dan diberi bumbu khusus. Sate Ambal biasanya disajikan dengan nasi putih dan kuah santan.

Nasi penggel merupakan kuliner khas Kecamatan Ambal yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan kelapa parut dan bumbu-bumbu khusus. Nasi penggel biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti tempe, tahu, dan sayur-sayuran.

Jenang gempol merupakan kuliner khas Kecamatan Ambal yang terbuat dari tepung beras ketan, gula merah, dan santan. Jenang gempol memiliki rasa yang manis dan legit.

Kecamatan Ambal merupakan wilayah yang memiliki potensi ekonomi, wisata, dan kuliner yang cukup besar. Wilayah ini juga memiliki beberapa kesenian dan kebudayaan tradisional yang cukup menarik. Kecamatan Ambal merupakan salah satu wilayah di Kebumen yang patut untuk dikunjungi.

Related Posts

kode pos gantarang

Panduan Lengkap Kode Pos Gantarang: Temukan Lokasi dengan Mudah

Kode pos Gantarang, 92121, meliputi wilayah Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Gantarang terletak di bagian barat Kabupaten Bulukumba, berbatasan dengan Kabupaten Sinjai di sebelah…

kode pos solo baru

Panduan Lengkap Kode Pos Solo Baru: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!

Solo Baru: Kota Mandiri dengan Kode Pos 57181 Solo Baru adalah sebuah kota mandiri yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kota ini dikembangkan oleh…

kode pos pondok cabe udik

Panduan Lengkap Kode Pos Pondok Cabe Udik dan Sekitarnya

Kode pos Pondok Cabe Udik adalah 16424. Wilayah ini terletak di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pondok Cabe Udik berbatasan dengan Pondok Cabe Timur di sebelah…

kode pos labuhan haji

Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Labuhan Haji dan Segala Urusan Surat-menyurat

Kode pos Labuhan Haji adalah 32155. Kecamatan Labuhan Haji merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 148,60…

kode pos arjosari

Panduan Lengkap: Kode Pos Arjosari dan Sekitarnya

Kode pos Arjosari adalah 60284. Kelurahan Arjosari terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Luas wilayah Kelurahan Arjosari adalah 2,06 km dengan jumlah penduduk sebanyak 23.472…

kode pos medan timur pulo brayan bengkel

Pelajari Kode Pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel dan Temukan Berbagai Informasi Penting

Kode pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel, 20249, terletak di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini berada di Kecamatan Medan Timur dan merupakan salah satu kawasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *