Kode Pos Panggungharjo Sewon Bantul: Panduan Lengkap dan Akurat!


Kode Pos Panggungharjo Sewon Bantul: Panduan Lengkap dan Akurat!

Kode pos Panggungharjo, Sewon, Bantul adalah 55188. Daerah ini terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Panggungharjo merupakan salah satu desa di Kecamatan Sewon yang memiliki luas wilayah sekitar 4,5 kilometer persegi.

Batas-batas wilayah Panggungharjo: sebelah utara berbatasan dengan Desa Bangunharjo, sebelah timur berbatasan dengan Desa Caturharjo, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Pendowoharjo, dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Seloharjo.

Desa Panggungharjo terbagi menjadi 13 dusun, yaitu: Dusun Bintaran Kulon, Dusun Bintaran Wetan, Dusun Karangasem, Dusun Karangmojo, Dusun Karangtengah, Dusun Kedungdowo, Dusun Kedungwaru, Dusun Kembangarum, Dusun Kembaran, Dusun Krapyak Kulon, Dusun Krapyak Wetan, Dusun Panggungharjo, dan Dusun Sentul.

Mayoritas penduduk Panggungharjo bekerja sebagai petani dan pedagang. Hasil pertanian utama di desa ini adalah padi, jagung, kedelai, dan kacang tanah. Sedangkan hasil perdagangan utama adalah hasil pertanian dan hasil kerajinan tangan.

Panggungharjo memiliki beberapa fasilitas umum, seperti kantor desa, balai desa, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, masjid, gereja, dan puskesmas. Desa ini juga memiliki beberapa objek wisata, seperti Candi Panggungharjo dan Embung Panggungharjo.

Candi Panggungharjo merupakan candi Hindu-Buddha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9. Candi ini terletak di Dusun Karangasem, Desa Panggungharjo. Candi Panggungharjo memiliki tiga bangunan utama, yaitu candi induk, candi perwara, dan candi apit.

Embung Panggungharjo merupakan embung yang terletak di Dusun Sentul, Desa Panggungharjo. Embung ini dibangun untuk menampung air hujan dan mengairi sawah-sawah di sekitarnya. Embung Panggungharjo juga menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan.

Desa Panggungharjo berdekatan dengan beberapa desa lain di Kecamatan Sewon, seperti Desa Bangunharjo, Desa Caturharjo, Desa Pendowoharjo, dan Desa Seloharjo. Desa-desa tersebut memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Desa Bangunharjo memiliki objek wisata Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Desa Caturharjo memiliki objek wisata Goa Pindul dan Goa Jomblang. Desa Pendowoharjo memiliki objek wisata Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Desa Seloharjo memiliki objek wisata Hutan Pinus Mangunan dan Bukit Bintang.

Dengan demikian, Desa Panggungharjo dan desa-desa sekitarnya menawarkan berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Daerah ini memiliki potensi wisata yang besar dan dapat menjadi tujuan wisata yang populer.

Selain potensi wisata, Desa Panggungharjo dan desa-desa sekitarnya juga memiliki potensi ekonomi yang besar. Daerah ini memiliki banyak lahan pertanian yang subur dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis tanaman pertanian.

Dengan demikian, Desa Panggungharjo dan desa-desa sekitarnya memiliki potensi wisata dan ekonomi yang besar. Daerah ini dapat menjadi tujuan wisata yang populer dan juga dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantul.

Demikian penjelasan tentang kode pos Panggungharjo, Sewon, Bantul. Semoga bermanfaat!

Related Posts

kode pos gantarang

Panduan Lengkap Kode Pos Gantarang: Temukan Lokasi dengan Mudah

Kode pos Gantarang, 92121, meliputi wilayah Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Gantarang terletak di bagian barat Kabupaten Bulukumba, berbatasan dengan Kabupaten Sinjai di sebelah…

kode pos solo baru

Panduan Lengkap Kode Pos Solo Baru: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!

Solo Baru: Kota Mandiri dengan Kode Pos 57181 Solo Baru adalah sebuah kota mandiri yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kota ini dikembangkan oleh…

kode pos pondok cabe udik

Panduan Lengkap Kode Pos Pondok Cabe Udik dan Sekitarnya

Kode pos Pondok Cabe Udik adalah 16424. Wilayah ini terletak di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pondok Cabe Udik berbatasan dengan Pondok Cabe Timur di sebelah…

kode pos labuhan haji

Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Labuhan Haji dan Segala Urusan Surat-menyurat

Kode pos Labuhan Haji adalah 32155. Kecamatan Labuhan Haji merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 148,60…

kode pos arjosari

Panduan Lengkap: Kode Pos Arjosari dan Sekitarnya

Kode pos Arjosari adalah 60284. Kelurahan Arjosari terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Luas wilayah Kelurahan Arjosari adalah 2,06 km dengan jumlah penduduk sebanyak 23.472…

kode pos medan timur pulo brayan bengkel

Pelajari Kode Pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel dan Temukan Berbagai Informasi Penting

Kode pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel, 20249, terletak di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini berada di Kecamatan Medan Timur dan merupakan salah satu kawasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *