Temukan Kode Pos Tanimulya Ngamprah dengan Cepat dan Mudah!


Temukan Kode Pos Tanimulya Ngamprah dengan Cepat dan Mudah!

Kode pos Tanimulya Ngamprah adalah 40293. Wilayah ini terletak di Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Secara geografis, Tanimulya Ngamprah berada di antara koordinat 653’38.7″ Lintang Selatan dan 10733’06.9″ Bujur Timur. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, Tanimulya Ngamprah memiliki luas wilayah sebesar 11,37 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 34.568 jiwa.

Batas-batas wilayah Tanimulya Ngamprah meliputi Desa Mekarsari di sebelah utara, Desa Cimareme di sebelah timur, Desa Cilame di sebelah selatan, dan Desa Margaasih di sebelah barat. Wilayah Tanimulya Ngamprah sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 600-800 meter di atas permukaan laut. Daerah ini juga dilintasi oleh beberapa sungai, seperti Sungai Citarum, Sungai Cipada, dan Sungai Cipamokolan.

Tanimulya Ngamprah memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan biasanya berlangsung dari bulan Oktober hingga April, sedangkan musim kemarau berlangsung dari bulan Mei hingga September. Suhu udara rata-rata di Tanimulya Ngamprah berkisar antara 23C hingga 28C.

Perekonomian Tanimulya Ngamprah sebagian besar ditopang oleh sektor pertanian, perdagangan, dan jasa. Hasil pertanian utama di wilayah ini meliputi padi, jagung, ubi kayu, dan sayuran. Sementara itu, sektor perdagangan di Tanimulya Ngamprah cukup maju dengan adanya beberapa pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern. Adapun sektor jasa di Tanimulya Ngamprah meliputi jasa transportasi, jasa keuangan, dan jasa pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, Tanimulya Ngamprah memiliki beberapa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, di wilayah ini juga terdapat beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Islam Bandung (UNISBA), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tanimulya Ngamprah juga memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Curug Cimahi, Gunung Batu, dan Situ Lembang. Curug Cimahi merupakan air terjun yang terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 80 meter dan dikelilingi oleh hutan pinus yang asri. Gunung Batu merupakan salah satu puncak tertinggi di Kabupaten Bandung Barat dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Di puncak Gunung Batu, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah, seperti Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Bukit Tunggul, dan Gunung Burangrang.

Situ Lembang merupakan danau yang terletak di Desa Lembang, Kecamatan Lembang. Danau ini memiliki luas sekitar 10 hektare dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Situ Lembang merupakan salah satu tempat rekreasi yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sekitar Situ Lembang, terdapat beberapa objek wisata lainnya, seperti Kebun Binatang Lembang, Floating Market Lembang, dan De Ranch Lembang.

Selain objek wisata, Tanimulya Ngamprah juga memiliki beberapa kuliner khas yang wajib dicoba, seperti nasi timbel, karedok, lotek, dan geco. Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan diberi lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan tempe. Karedok merupakan salad sayuran yang disiram dengan saus kacang. Lotek merupakan salad sayuran yang disiram dengan saus oncom. Geco merupakan gorengan yang terbuat dari singkong parut yang dicampur dengan kelapa parut, gula, dan garam.

Tanimulya Ngamprah merupakan wilayah yang memiliki potensi besar dalam bidang pertanian, perdagangan, jasa, dan pariwisata. Wilayah ini juga memiliki akses transportasi yang baik, sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke objek-objek wisata yang ada di Tanimulya Ngamprah dan sekitarnya.

Related Posts

kode pos gantarang

Panduan Lengkap Kode Pos Gantarang: Temukan Lokasi dengan Mudah

Kode pos Gantarang, 92121, meliputi wilayah Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Gantarang terletak di bagian barat Kabupaten Bulukumba, berbatasan dengan Kabupaten Sinjai di sebelah…

kode pos solo baru

Panduan Lengkap Kode Pos Solo Baru: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!

Solo Baru: Kota Mandiri dengan Kode Pos 57181 Solo Baru adalah sebuah kota mandiri yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kota ini dikembangkan oleh…

kode pos pondok cabe udik

Panduan Lengkap Kode Pos Pondok Cabe Udik dan Sekitarnya

Kode pos Pondok Cabe Udik adalah 16424. Wilayah ini terletak di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pondok Cabe Udik berbatasan dengan Pondok Cabe Timur di sebelah…

kode pos labuhan haji

Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Labuhan Haji dan Segala Urusan Surat-menyurat

Kode pos Labuhan Haji adalah 32155. Kecamatan Labuhan Haji merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 148,60…

kode pos arjosari

Panduan Lengkap: Kode Pos Arjosari dan Sekitarnya

Kode pos Arjosari adalah 60284. Kelurahan Arjosari terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Luas wilayah Kelurahan Arjosari adalah 2,06 km dengan jumlah penduduk sebanyak 23.472…

kode pos medan timur pulo brayan bengkel

Pelajari Kode Pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel dan Temukan Berbagai Informasi Penting

Kode pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel, 20249, terletak di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini berada di Kecamatan Medan Timur dan merupakan salah satu kawasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *