Panduan Lengkap Kode Pos Kesambi: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!


Panduan Lengkap Kode Pos Kesambi: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!

Kode pos Kesambi, 50242, berada di wilayah Kota Cirebon, Jawa Barat. Kesambi merupakan salah satu kecamatan di Kota Cirebon yang memiliki luas wilayah sekitar 7,81 kilometer persegi. Kecamatan Kesambi berbatasan dengan Kecamatan Harjamukti di sebelah utara, Kecamatan Pekalipan di sebelah timur, Kecamatan Kejaksan di sebelah selatan, dan Kecamatan Lemahwungkuk di sebelah barat.

Kecamatan Kesambi terdiri dari 5 kelurahan, yaitu:

  1. Kelurahan Kesambi
  2. Kelurahan Sunyaragi
  3. Kelurahan Pegambiran
  4. Kelurahan Drajat
  5. Kelurahan Karyamulya

Wilayah Kesambi didominasi oleh permukiman penduduk dan pertokoan. Terdapat beberapa fasilitas umum di Kesambi, seperti Pasar Kesambi, Terminal Bus Kesambi, dan Stasiun Kereta Api Cirebon Prujakan. Selain itu, di Kesambi juga terdapat beberapa objek wisata, seperti Keraton Kasepuhan, Taman Air Sunyaragi, dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Penduduk Kesambi mayoritas beragama Islam. Terdapat beberapa masjid dan musholla di Kesambi, antara lain Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid Jami’ Al-Ikhlas, dan Masjid Baiturrahman. Selain itu, di Kesambi juga terdapat beberapa gereja dan vihara, seperti Gereja Kristen Indonesia (GKI) Cirebon, Gereja Katolik Santo Yosef, dan Vihara Dharma Ratna.

Kesambi merupakan kawasan yang cukup strategis di Kota Cirebon. Kawasan ini mudah diakses dari berbagai penjuru kota. Selain itu, Kesambi juga dikelilingi oleh beberapa kawasan penting di Kota Cirebon, seperti kawasan bisnis, kawasan pemerintahan, dan kawasan pendidikan.

Kawasan yang berdekatan dengan kode pos Kesambi, 50242, antara lain:

  1. Kecamatan Harjamukti
  2. Kecamatan Pekalipan
  3. Kecamatan Kejaksan
  4. Kecamatan Lemahwungkuk
  5. Kecamatan Gunung Jati

Kecamatan Harjamukti terletak di sebelah utara Kecamatan Kesambi. Kecamatan Harjamukti merupakan kawasan yang cukup padat penduduk. Di kecamatan ini terdapat beberapa fasilitas umum, seperti Pasar Harjamukti, Terminal Bus Harjamukti, dan Stasiun Kereta Api Cirebon Harjamukti.

Kecamatan Pekalipan terletak di sebelah timur Kecamatan Kesambi. Kecamatan Pekalipan merupakan kawasan bisnis dan perdagangan. Di kecamatan ini terdapat beberapa pusat perbelanjaan, seperti Cirebon Super Block, Grage Mall Cirebon, dan CSB Mall Cirebon.

Kecamatan Kejaksan terletak di sebelah selatan Kecamatan Kesambi. Kecamatan Kejaksan merupakan kawasan pemerintahan. Di kecamatan ini terdapat beberapa kantor pemerintahan, seperti Kantor Wali Kota Cirebon, DPRD Kota Cirebon, dan Pengadilan Negeri Cirebon.

Kecamatan Lemahwungkuk terletak di sebelah barat Kecamatan Kesambi. Kecamatan Lemahwungkuk merupakan kawasan pendidikan. Di kecamatan ini terdapat beberapa universitas, seperti Universitas Swadaya Gunung Jati, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Kecamatan Gunung Jati terletak di sebelah tenggara Kecamatan Kesambi. Kecamatan Gunung Jati merupakan kawasan wisata religi. Di kecamatan ini terdapat beberapa objek wisata religi, seperti Makam Sunan Gunung Jati, Masjid Agung Gunung Jati, dan Keraton Kasepuhan.

Related Posts

kode pos gantarang

Panduan Lengkap Kode Pos Gantarang: Temukan Lokasi dengan Mudah

Kode pos Gantarang, 92121, meliputi wilayah Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Gantarang terletak di bagian barat Kabupaten Bulukumba, berbatasan dengan Kabupaten Sinjai di sebelah…

kode pos solo baru

Panduan Lengkap Kode Pos Solo Baru: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!

Solo Baru: Kota Mandiri dengan Kode Pos 57181 Solo Baru adalah sebuah kota mandiri yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kota ini dikembangkan oleh…

kode pos pondok cabe udik

Panduan Lengkap Kode Pos Pondok Cabe Udik dan Sekitarnya

Kode pos Pondok Cabe Udik adalah 16424. Wilayah ini terletak di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pondok Cabe Udik berbatasan dengan Pondok Cabe Timur di sebelah…

kode pos labuhan haji

Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Labuhan Haji dan Segala Urusan Surat-menyurat

Kode pos Labuhan Haji adalah 32155. Kecamatan Labuhan Haji merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 148,60…

kode pos arjosari

Panduan Lengkap: Kode Pos Arjosari dan Sekitarnya

Kode pos Arjosari adalah 60284. Kelurahan Arjosari terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Luas wilayah Kelurahan Arjosari adalah 2,06 km dengan jumlah penduduk sebanyak 23.472…

kode pos medan timur pulo brayan bengkel

Pelajari Kode Pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel dan Temukan Berbagai Informasi Penting

Kode pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel, 20249, terletak di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini berada di Kecamatan Medan Timur dan merupakan salah satu kawasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *