Panduan Lengkap: Kode Pos Tegalombo Pacitan dan Informasi Penting Lainnya


Panduan Lengkap: Kode Pos Tegalombo Pacitan dan Informasi Penting Lainnya

Kode pos Tegalombo, Pacitan adalah 63583. Tegalombo merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini terletak di bagian barat daya Kabupaten Pacitan, berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri di sebelah barat dan Kabupaten Gunung Kidul di sebelah selatan.

Kecamatan Tegalombo memiliki luas wilayah sebesar 111,72 km persegi. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 200-500 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Penduduk Kecamatan Tegalombo berjumlah sekitar 36.000 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 323 jiwa per km persegi. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Hasil pertanian utama di daerah ini adalah padi, jagung, dan ketela pohon. Sedangkan hasil peternakan utamanya adalah sapi, kambing, dan ayam.

Kecamatan Tegalombo memiliki beberapa objek wisata alam yang menarik, di antaranya adalah Pantai Klayar, Pantai Srau, dan Goa Gong. Pantai Klayar terkenal dengan ombaknya yang besar dan pemandangannya yang indah. Pantai Srau terkenal dengan pasirnya yang putih dan halus. Sedangkan Goa Gong terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang mempesona.

Selain objek wisata alam, Kecamatan Tegalombo juga memiliki beberapa objek wisata budaya, di antaranya adalah Candi Tegalombo dan Punden Berundak Songgolangit. Candi Tegalombo merupakan candi Hindu-Buddha yang diperkirakan dibangun pada abad ke-10 Masehi. Sedangkan Punden Berundak Songgolangit merupakan situs megalitikum yang diperkirakan dibangun pada zaman prasejarah.

Kecamatan Tegalombo juga memiliki beberapa potensi ekonomi, di antaranya adalah pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata. Pertanian merupakan sektor ekonomi utama di daerah ini. Hasil pertanian utama di daerah ini adalah padi, jagung, dan ketela pohon. Peternakan juga merupakan sektor ekonomi yang penting di daerah ini. Hasil peternakan utamanya adalah sapi, kambing, dan ayam.

Perikanan juga merupakan sektor ekonomi yang cukup penting di daerah ini. Hasil perikanan utama di daerah ini adalah ikan laut, ikan tawar, dan udang. Pariwisata juga merupakan sektor ekonomi yang cukup penting di daerah ini. Objek wisata alam dan budaya yang ada di daerah ini menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Kecamatan Tegalombo memiliki beberapa wilayah terdekat, di antaranya adalah Kecamatan Donorojo di sebelah utara, Kecamatan Pringkuku di sebelah timur, Kecamatan Punung di sebelah selatan, dan Kabupaten Wonogiri di sebelah barat.

Kecamatan Donorojo merupakan kecamatan yang terletak di bagian utara Kecamatan Tegalombo. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 78,76 km persegi. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 100-300 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Kecamatan Pringkuku merupakan kecamatan yang terletak di bagian timur Kecamatan Tegalombo. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 102,85 km persegi. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 200-500 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Kecamatan Punung merupakan kecamatan yang terletak di bagian selatan Kecamatan Tegalombo. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 120,71 km persegi. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 300-600 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Kabupaten Wonogiri merupakan kabupaten yang terletak di bagian barat Kecamatan Tegalombo. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sebesar 1.889,45 km persegi. Wilayahnya sebagian besar berupa perbukitan dengan ketinggian rata-rata 100-500 meter di atas permukaan laut. Daerah ini memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Related Posts

kode pos gantarang

Panduan Lengkap Kode Pos Gantarang: Temukan Lokasi dengan Mudah

Kode pos Gantarang, 92121, meliputi wilayah Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Gantarang terletak di bagian barat Kabupaten Bulukumba, berbatasan dengan Kabupaten Sinjai di sebelah…

kode pos solo baru

Panduan Lengkap Kode Pos Solo Baru: Temukan Lokasi Tepat dengan Mudah!

Solo Baru: Kota Mandiri dengan Kode Pos 57181 Solo Baru adalah sebuah kota mandiri yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kota ini dikembangkan oleh…

kode pos pondok cabe udik

Panduan Lengkap Kode Pos Pondok Cabe Udik dan Sekitarnya

Kode pos Pondok Cabe Udik adalah 16424. Wilayah ini terletak di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pondok Cabe Udik berbatasan dengan Pondok Cabe Timur di sebelah…

kode pos labuhan haji

Panduan Lengkap: Mengenal Kode Pos Labuhan Haji dan Segala Urusan Surat-menyurat

Kode pos Labuhan Haji adalah 32155. Kecamatan Labuhan Haji merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 148,60…

kode pos arjosari

Panduan Lengkap: Kode Pos Arjosari dan Sekitarnya

Kode pos Arjosari adalah 60284. Kelurahan Arjosari terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Luas wilayah Kelurahan Arjosari adalah 2,06 km dengan jumlah penduduk sebanyak 23.472…

kode pos medan timur pulo brayan bengkel

Pelajari Kode Pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel dan Temukan Berbagai Informasi Penting

Kode pos Medan Timur Pulo Brayan Bengkel, 20249, terletak di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini berada di Kecamatan Medan Timur dan merupakan salah satu kawasan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *